Saturday, October 31, 2009

belajar dari sakit

Ud lama pngen ngblog,tp ga sempet mulu.. skrg mw ceritain aj gmn kondisi gw skrg..

Cerita bermula dr awal oktober,skitar 3minggu lalu.. Gw sakit perut,diare.. Tp gw pikir cm sakit perut biasa,jd ga minum obat apa2..

Skitar 2minggu yg lalu,gw radang tenggorokan.. Batuknya ud kek orang bengek,ga enak bgt dh klo lg d kelas gw batuk-batuk, pasti berisik.. Jd merasa ga enak ma dosen & temen2 sekelas.. Pas radang ini,gw disuruh minum amoxicillin & obat batuk hitam..

Pas kamis minggu lalu, ud mulai agak sembuh, tp pas pulang, perjalanan mau k stasiun ui, gw, laverdy & irvan keujanan (pdhl pake payung loh,saking gede tu ujan).. Akhirnya kami naik kereta dgn baju, celana & sepatu yg basah (& jaket gw yg basah kuyup).. Begitu naik kereta,gw sms mama minta tolong masakin air utk mandi, biar gw ga sakit.. Tnyata, perjalanan stasiun ui - stasiun tebet yg biasa cuma makan waktu skitar 30menit,ketika itu makan waktu 2jam! 4x lipat bo! itu gara2 kereta ngadat di antara stasiun ui - stasiun pasar minggu, krn ada gangguan sinyal antara stasiun pasar minggu - stasiun manggarai.. Alhasil gw d kereta selama 2jam dg kondisi baju,celana&sepatu basah..

Sampe d rumah,gw lgsg mandi air anget, trus lgsg tidur (pdhl lom selesai belajar & bikin note buat ujian DAA besoknya,gw pikir drpd sakit,mending istirahat).

Besoknya,gw kebangun jam 8pagi, sadar klo gw mestinya kuliah ManPro jam8, trus lgsg mw bangun.. Tapi gw ga bs ngangkat badan, jangankan badan, ngangkat kepala aj susah.. Trus gw nangis krn ga yakin bs k kampus klo kondisi badan kek gini.. Mama bilang gw tidur dulu aj,nanti jam 12siang dianterin naik mobil k kampus bwt ujian.. Yaudah gw pasrah ga ikut kuliah manpro & gw tidur.. Jam 10an,gw br bangun,makan disuapin mama,minum obat (yg ditambah pretnison-gw ga tw cara nulisnya),abis itu lanjut bikin note DAA.. Baru nyatet 1 algoritma,gw tiba2 ketiduran krn badan gw lemes, kata mama,mata gw ga bs dibuka gtu.. Pas gw bangun ud jam 1siang! Gw panik,tp kata mama,mama udah telpon dosen DAA gw,ngasi tau klo gw sakit..Gw agak sedikit lega,tp mulai kepikiran gmn susahnya soal ujian susulan.. Trus gw makan disuapin lagi sama mama,minum obat,tidur.. Parah bgt deh hari itu,gw sharian ad d kasur kcuali pas mw ke toilet,lemes bgt deh..

Sabtunya gw ms lemes,tp stidaknya ud bs keluar kamar,istirahat d kursi.. Minggu udah mendingan, ud bisa ke gereja :)
Pas hr snen,gw ud masuk kuliah,walaupun badan ms lemes,sering keringet dingin,tp ms bs nerima pelajaran.. Dan batuk gw ud sembuh! Jadi ga perlu minum obat batuk lg.. Makasi Yesus :)

Nah,selasa gw br inget laporan ke mama klo diare gw ms lom berhenti.. Mama takut gw kena tipes d musim deadline tugas & ujian,jd gw disuruh minum chloramphenicol..

Hari rabu sampe kmaren,nafsu makan gw ilang.. Gw makan dgn nasi cuma 3sendok makan & ga abis!
Trus perut gw ga enak bgt,melilit,kek diaduk2..
Akhirny kmaren malem ke Rumah Sakit Tebet, br dpt giliran jam9.30malem,akhirnya ga jadi cek disitu.. Mama nelpon temennya,orang gereja yg dokter, minta tolong periksa gw.. Stlh diperiksa,tnyata gw ada sindrom dispepsia,ya maag gitu lah.. Pdhl sblmnya gw ga prnah sakit maag.. Huhu T.T
katanya pnyebab awalnya krn gw 2jam d kereta dg baju basah,trus krn belakangan ini gw makan cuma dikit sedangkan yg dikeluarkan banyak (krn gw diare).. Dan tekanan darah gw 105/58! Rendah bgt! Biasanya gw 110/70.. Pantesan gw lemes mulu & byk yg bilang gw pucat.. Trus kerja usus gw tinggi,jd gw hrs makan bubur dulu ato nasi pake sop.. Dan akhirnya, dikeluarinlah resep,ad 7jenis obat yg hrs gw minum tiap harinya & salah1 jenisnya hrs makan 2sekaligus.. Huhu, sakit ga enak bgt T.T

Tapi gw bersyukur gw diijinin sakit sama Tuhan,krn gw belajar hal baru dr sakit gw ini.. Selama ini gw jarang bgt sakit,klopun sakit cuma batuk,pilek ato pusing.. Istirahat smalem pagi lgsg sembuh.. Jd kadang gw bpikir kl daya tahan tubuh gw bagus bgt.. gw ga sadar,itu adl salah1 ksombongan.. Tuhan mw mengikis ksombongan itu..

Pas awal2 sakit,gw ms lom nyadar,tp sejak gw tgeletak ga berdaya d kasur jumat minggu lalu,gw benar2 mnyadari klo kesehatan adl anugerah dr Tuhan.. Jd bukan krn gw yg hebat bs jaga ksehatan diri gw,tp itu semua krn Tuhan yg mampukan gw..
Ktika gw lemes,gw mnyadari bhw Tuhan mw spy gw berserah penuh ma Dia,bener2 bersandar padaNya..

Bbrp waktu lalu gw buka blog gw dr hp,trus liat link k blog PO Fasilkom UI yg ms d blogspot,gw baca.. Ad artikel ttg bserah penuh ma Tuhan. Ad ilustrasi: ada penjual jamu gendong yg diajak naik mobil,tp tiap ada polisi tidur dia mengaduh kesakitan.. Pas diliat, ternyata d mobil dy ms nggendong bakul jamunya,pas ditanya kenapa,dy jawab: saya takut mobilnya ga kuat bawa bakul jamu..
Hoho,bikin /swt nih si mbok jamunya,dia pikir tu mobil bakal ambles gara2 ditaroin bakul jamu XD
Yg bs gw ambil dr cerita ini adl serahkan smua k Tuhan,Dia ga mungkin "ambles".. Segala penyakit kita udah ditanggungNya d kayu salib.. How great is our God!

Pelajaran berharga yg gw dapatkan ini,smoga jd berkat utk kita sekalian..

~Tuhan tau yg terbaik utk kita anak2Nya,jd ketika mungkin kita lg dlm kondisi yg ga mnyenangkan bagi kita (mungkin sakit,ditinggal orang yg kita sayangi,berantem ma tmen,masalah dlm keluarga,dsb), jangan sekalipun menyalahkan Tuhan.. Krn apapun yg tjadi dlm hidup kita,itu adl yg terbaik utk kita,krn Allah tidak mrancangkan kecelakaan bagi kita, Dia adlh Allah yg selalu berikan yg terbaik utk kita..
Tuhan Yesus memberkati :)

*wah, ini postingan terpanjang selama gw ngblog dari hp :p hehe

2 Comments:

At 1:07 PM , OpenID erain said...

hiks... sedih baca ceritanya.. :(
Moga cepet sehat kembali ya on :D

Yea right, gw juga selalu percaya kalo Tuhan selalu ada buat kita di kondisi apapun.. :)

 
At 11:01 AM , Blogger vonnzaoldyeck said...

@ erain:
yah iren, kenapa sedih?
makasih ren :) udah lebih sehat koq skrg, ga lemes-lemes kek sayur layu lagi :p hehehe..

yoa^^

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home