Sunday, June 21, 2009

hidup itu...

hidup adalah pilihan.. dengan melihat apa tindakan yg kita ambil ketika sedang menghadapi sesuatu, kadang kita bisa tau apakah kita sudah cukup dewasa atau belum..

jika kita sedang berjalan di tepi kolam renang dan tiba-tiba ada yang mendorong kita atau mungkin kita tidak sengaja terpeleset, ada beberapa pilihan, diantaranya melanjutkan berenang karena sudah terlanjur basah, atau langsung ganti baju..
yah, kalau saya sendiri sih lebih memilih untuk lanjut berenang karena saya memang suka berenang, walaupun dulu saya pernah tidak mau berenang lagi karena waktu kecil pernah didorong oleh entah-siapa ke kolam sedalam 2 meter.. ketika itu, saya dendam terhadap orang yang mendorong saya.. saya marah-marah sepanjang hari karena saya hampir tenggelam.. tapi pada akhirnya saya memaafkan dia, toh saya pikir, biasalah anak-anak main di pinggir kolam, mungkin dia pikir saya adalah temannya,, dan saya pun kembali berenang..

tapi bagaimana kalau kondisi kolamnya berbeda? misalkan kita sedang berjalan di tepi kolam renang yang sudah lama tidak terurus, sudah banyak lumut, mungkin ada telor katak, dan banyak dedauanan yang mengotori kolam itu, bahkan warna kolam itu sudah berwarna cokelat kehitaman.. dan kejadiannya sama, tiba-tiba ada yang mendorong kita atau mungkin kita tidak sengaja terpeleset.. manakah yang kita pilih? melanjutkan berenang karena sudah terlanjur basah, atau langsung ganti baju? dalam hal ini saya lebih memilih langsung keluar dari kolam tersebut dan mandi yang bersih..

untuk kasus yang pertama, saya sedang mengalaminya.. saya didorong untuk masuk ke kolam renang `koding-mengoding` oleh orang tua saya.. ya, waktu mengisi formulir spmb, saya bingung menentukan pilihan kedua.. waktu itu saya memilih pilihan pertama di Kedokteran UI.. mama saya menyarankan saya untuk memilih Ilmu Komputer UI karena mama melihat saya senang bermain komputer.. saya pun mengikuti saran mama walaupun tidak tahu apa yang akan saya pelajari di fakultas tersebut..
ketika pengumuman spmb, saya tidak lulus pada pilihan pertama saya.. saya justru masuk ke kolam `ilmu komputer`.. semester pertama, saya tidak lulus kuliah Dasar-dasar Pemrograman.. fyuuh, sangat menyakitkan memang.. saya terus berhubungan dengan programming, hal baru yang baru saya dapatkan ketika kuliah di sini.. awalnya saya kesal sama Tuhan kenapa saya diceburkan ke tempat ini.. tiga semester berikutnya, setiap mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman membuat saya tidak bersemangat di kelas.. sering ngobrol ketika dosen menerangkan, sering keluar sekedar untuk menghilangkan kebosanan.. tapi ketika saya semester 5 saya menyadari, Tuhan menceburkan saya ke kolam `ilmu komputer` dengan tujuan tertentu, yang walaupun saya belum benar-benar mengerti apa tujuan-Nya bagi hidup saya.. tapi yang saya ingat sampai sekarang, Tuhan tidak akan meninggalkan saya sendirian.. ya, saya telah mengalami kasih setia-Nya sepanjang tahun-tahun saya di kampus ini.. terlalu banyak untuk diceritakan.. tapi yang jelas, saya ada sebagaimana saya ada, itu semua karena anugrah Tuhan.. dan karena saya sudah berada di kolam `ilmu komputer` ini, saya akan mencoba terus berenang di dalamnya..

tapi dalam kasus yang kedua, ketika kita sudah tercebur ke kolam dosa, apakah kita masih mau berenang-renang di dalamnya? apakah kita tidak jijik dengan kotoran-kotoran yang membuat badan kita jorok? apakah kita tidak jijik dengan dosa-dosa yang membuat kita tidak kudus di hadapan Allah?? atau malah, kadang kita yang menceburkan diri ke dalam dosa? malahan kadang kita yang membawa diri kita ke dalam pencobaan..

pilihan ada di tangan kita.. tinggal bagaimana kita menyikapi hal-hal yang terjadi pada kehidupan kita..

~hmm, pas gw baca ulang, koq ga nyambung yah, antara kodingan dan dosa? :p
~yah, walaupun sebenernya ngomongin kodingan adalah hal jorok, tapi itu ga dosa koq :p kecuali klo kodingannya dipake buat hal yg ga beres..
~well, hanya sebuah pikiran seseorang yang akan mulai intensif mengoding sekitar 2 bulan dan seseorang yang baru saja diingatkan kembali tentang dosa..
~klo ada salah-salah kata ato beda pendapat, silakan disampaikan lewat comment..


selamat hari minggu, Gbu^^

5 Comments:

At 2:26 PM , Blogger tieta soewarto said...

ngoding sama berbuat dosa betibeti kok von. yaah 11 12 laah :p

anyway, nice thoughts :)

 
At 3:44 PM , Blogger Josephine said...

kalo kecebur di kolam yang tidak hanya ada telur katak dan kecoklatan, tetapi juga bekas tempat berenang hewan mencurigakan gimana on? Langsung ngibrit kaga??

dalam hati, sebenarnya gw masih kepingin jadi dokter si on.
kalo gw lewat di depan fkui di salemba, rasanya mirissss banget. gw sering mikir gini, coba kalo dulu gw milih fkui,,padahal belon tentu masuk juga gw kalo milih fk.

tapi mungkin memang sudah jalannya gw, elo, tachu, dan teman2 kita yang lain ada di kolam "ilmu komputer" ini...

kalo masalah kasus dosa,,
gw gatau harus jawab apa, pokoknya yang pasti gw rasa setiap orang berdosa jauh di dalam lubuk hatinya jijik dengan apa yang di lakukan, namun tergantung bagaimana mereka menyikapi dosa tersebut seperti yang lo tulis sebelumnya di postingan lo..

panjang amat ya komen gw,,hehehehe

 
At 5:39 PM , Blogger vonnzaoldyeck said...

@ tieta soewarto:
inspirasi sebelom tidur nih chu XD lol

@ Josephine:
klo gtu sih lgsg gw ceburin orang yg nyeburin gw.. btw, gw keknya tw deh maksud lo -.-;

iya, gw juga masi pengen banget un, tapi mw gimana lagi.. pas 2007, gw pengen spmb tapi uang pangkal udah masuk ke fasilkom.. kan nyari duit susah.. yawda deh..

iya un, kadang jijik, tapi pas abis ngelakuin dosa, ga banyak yg mikir kek gini: "wah, gw udah berdosa.. tapi nanti klo gw udah minta ampun sama Tuhan trus gw berdosa lagi gmn? mending gw lanjutin dosa gw aj.. ntar klo udah tua baru deh minta ampun dosa.."
nah, poin ini yg sebenernya pengen gw sorot un.. butuh komitmen yang kuat buat ga ngelakuin dosa lagi.. well, berat sih.. tapi harus berjuang melawan dosa :)

gpp koq un komennya panjang^^

 
At 4:08 AM , OpenID ravimalekinth said...

Yepp...selain minta pengampunan dosa, minta juga kuasa untuk lepas dari dosa itu :D

 
At 3:29 PM , Blogger vonnzaoldyeck said...

@ ravimalekinth:
he eh..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home